Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Baik dan Benar

Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Baik dan Benar - Dengan mengetahui usia kehamilan secara tepat, maka ibu hamil bisa dengan mudah dalam memantau perkembangan ataupun pertumbuhan janinnya. Selain itu, dengan mengetahui usia yang pas anda bisa memberikan nutrisi secara tepat supaya bayi bisa tumbuh dan berkembang secara sehat.

Memahami usia kehamilan yang benar ibu hamil bisa dengan mudah dalam melakukan pemeriksaan. Pasalnya, pemeriksaan secara rutin juga akan membuat bayi tetap sehat. Selama ini, banyak orang yang menghitung kehamilan melalui dokter kandungan atau bidan.

Inilah Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Baik dan Benar
Selain itu, dalam menghitung usia kehamilan biasanya juga dilakukan dengan melakukan USG. Namun sebenarnya, menghitung usia kehamilan itu bisa dilakukan sendiri tanpa harus mengandalkan bidan ataupun dokter. Berikut adalah cara tepat untuk menghitung usia kehamilan :

Beberapa Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Tepat

- Hari pertama haid terakhir
Untuk menghitung usia kehamilan dengan langkah ini dilakukan menggunakan rumus Neagele. Selain bisa digunakan untuk menghitung usia kehamilan rumus ini juga bisa menghitung hari perkiraan lahir (HPL). Penggunaan rumus ini dengan menambahkan 7 pada tanggal pertama dari terakhir haid dan, mengurangi bulan dengan 3, serta menambahkan 1 pada tahun. Sementara untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3 bisa ditambah dengan 9.

Contoh :

Jika HPHT anda adalah 16 nov 2008, maka:

16 -11 – 08

+ – +

7 3 1

23 – 8 – 09 (ini tanggal HPL)

Jadi perkiraan waktu kelahiran bayi adalah tanggal 23 Agustus 2009, sedangkan untuk usia kehamilan tinggal menghitungnya setiap tanggal 23, jadi pada saat tgl 23 desember, berarti usia kehamilan anda menginjak satu bulan, 23 januari usia kehamilan 2 bulan …dst.


- Tinggi puncak rahim

Cara menghitung menggunakan metode ini adalah dengan meraba puncak rahim yang menonjol pada dinding perut. Perhitungan dimulai dari tulang kemaluan sampai rahim. Misalnya, jika jarak antara tulang kemaluan sampai puncak rahim adalah 18 cm, berarti kehamilan anda berusia 18 cm. Penghitungan ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan jari tangan. Setiap kenaikan 3 jari tangan menunjukkan pertambahan usia 3 minggu. Namun, cara ini dianggap sulit sehingga jarang digunakan.

Lakukan salah satu cara diatas untuk memudahkan anda dalam menghitung usia kandungan dan janin didalam rahim anda. Semoga artikel Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Baik dan Benar bermanfaat.