Khong Guan Sang Biskuit Legendaris

Khong Guan Sang Biskuit Legendaris - Biskuit Khong Guan bukanlah merek Indonesia, namun asli dari Singapura. Menurut info yang di peroleh dari Detik.com Biskuit ini diciptakan oleh kakak beradik bernamaChew Choo Keng dan Chew Choo Han. Keduanya adalah imigran asal Fujian, China, yang bekerja di pabrik biskuit di Singapura guna menghidupi keluarganya di kampung. Saat Jepang menjajah Singapura, Keng dan Han mengungsi ke Perak, Malaysia. Di sini mereka membuat biskuit sampai persediaan tepung dan gula habis. Mereka juga membuat dan menjual garam dan sabun untuk bertahan hidup.Setelah Jepang mundur, Keng dan Han kembali ke Singapura dan menjual biskuit buatan sendiri.

Suatu hari Han menemukan mesin pembuat biskuit yang sudah rusak dari pabrik tempat ia bekerja dulu. Ia lalu menciptakan lini produksi biskuit semi otomatis dengan rantai sepeda. Mesin ini menggerakkan biskuit dengan sistem conveyor melalui oven bata yang telah diotak atik sedemikian rupa. Jualannya meningkat seiring tingginya kemampuan produksi. Di tahun 1947, KhongGuan Biscuit Factory (Singapore) Limited didirikan, menyusul pabrik di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Filipina. Di awal 1980-an, pabrik Khong Guan didirikan di beberapa kota pesisir di China. Tak hanya di Asia Tenggara dan Cina, Khong Guan juga bisa ditemukan di supermarket di lebih dari 40 negara. Di antaranya Timur Tengah, Hong Kong, Jepang, Australia, Eropa, Kanada, dan Amerika Serikat.

Berikut ini adalah 5 strategi Khong Guan untuk meraih kesuksesan hingga dikenal dan disukai berbagai kalangan hingga berpuluh-puluh tahun lamanya.


1. Strategi Pemasaran yang Cenderung Berbeda dan Memberikan Kesan “Fresh”

Disamping promosi yang dilakukan Khong Guan melalui berbagai media seperti televisi dan koran, pihak Khong Guan juga ternyata memberikan kaleng-kaleng yang biasanya digunakan sebagai wadah kue tersebut ke para pedagang seperti penjual bubur, kupat tahu, lontong sayur, ketoprak, nasi goreng, dan sejenisnya untuk secara umum dijadikan sebuah wadah kerupuk.

Unik kan?

Para pedagang pun sepertinya tidak menolak dan malahan menerima dengan baik pemberian tersebut karena memang kualitas kaleng dari Khong Guan dapat menjamin kerupuk tetap prima. Sehingga kegurihannya tetap terasa walaupun sudah digoreng sehari yang lalu.


2. Khong Guan Menjangkau Semuanya

Siapa saja yang suka Khong Guan? Dari kakek, nenek, ibu, ayah dan anak-anak pasti suka yang namanya biskuit Khong Guan. Hal ini dikarenakan kue-kue yang diproduksi oleh Khong Guan memang memiliki cita rasa yang lezat dan mendunia, tidak terbatas pada batasan usia ataupun harta seseorang.


3. Strategi Perluasan Distribusi

Ketika produk Khong Guan diterima dengan baik di satu tempat, perusahaan tersebut kemudian memperluas jaringan distribusinya ke tempat lain. Salah satu usahanya dalam peningkatan atau perluasan jaringan distribusi ini adalah dengan memperbanyak jumlah distributornya setiap tahun.


4. Peningkatan dan Pengutamaan Mutu dari Produk Khong Guan

Dengan menjadikan mutu sebagai prioritas utama produksi, Khong Guan selalu memproduksi makanannya dengan proses terbaik. Selain itu, demi untuk menjamin mutu dari produk makanan yang dibuatnya, pihak Khong Guan juga kemudian melakukan sertifikasi untuk menjamin kehalalan produk mereka.


5. Fokus Utama Pada Kualitas atau Kelezatan Produk

Budi Hendarto selaku direktur dari Khong Guan grup menyatakan bahwa perusahaan yang ia pimpin sekarang ini selalu menjadikan mutu dan kualitas sebagai prioritas utamanya.

Hal tersebut menurutnya adalah sebuah faktor paling penting bagi sebuah produk untuk mendapatkan pelanggan dan menjadi yang terdepan pada suatu bisnis. Dan inilah yang menjadikan Khong Guan kini terkenal sebagai biskuit legendaris.